visi, misi dan tujuan sekolah
Visi, Misi, dan Tujuan
TK Ma'arif Mutiara Bunda
VISI SEKOLAH :
“ Mewujudkan Generasi muslim yang Berakhlak Mulia, Mandiri, terampil,Cerdas, dan Kreatif “
MISI SEKOLAH :
- Membiasakan perilaku Islami dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengembangkan kemandirian anak melalui kegiatan life skill.
- Melatih dan mengembangkan kecerdasan anak dalam berfikir & berucap.
- Membentuk generasi Qur'ani
- Menyelenggarakan proses pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan
TUJUAN SEKOLAH :
Tujuan akhir yang diharapkan oleh TK MA’ARIF MUTIARA BUNDA dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan misi sekolah ditetapkan dalam bentuk 3 (tiga) bagian, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan program prioritas (tujuan jangka pendek).
Tujuan Jangka Panjang
a. Terwujudnya
anak yang sehat, jujur, bertanggung jawab, disiplin, adil, dan peduli sesama.
b. Menjadikan
anak yang mampu berfikir, berkomunikasi, berkolaborasi, kreatif, dan inovatif
sesuai dengan perkembangan zaman
c. Terciptanya iklim belajar yang kondusif bagi penyelenggaraan pendidikan, perawatan, pengasuhan, dan perlindungan anak.
Tujuan Jangka Menengah
a. Membentuk karakter
pembelajar sepanjang hayat berlandaskan profil Pelajar Pancasila
b. Memfasilitasi peserta
didik untuk mengembangkan keragaman potensi, minat dan bakat serta kecerdasan
intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik secara optimal sesuai dengan
tingkat perkembangannya.
c. Memfasilitasi peserta
didik untuk dapat meningkatkan budaya disiplin beribadah serta kesadaran hidup
sehat
d. Membekali peserta didik
dengan keahlian berpikir kreatif dan berpikir kritis.
e. Membekali peserta didik
dalam penguasaan digital
f.
Memfasilitasi peserta didik memiliki kepekaan (sensitivitas),
kemampuan mengekomresikan dan mengapresiasi keindahan dan
keseimbangan (harmoni), hidup bermasyarakat, berguna untuk orang lain.
Program Prioritas (Tujuan Jangka Pendek)
a. Mengembangkan budaya
sekolah yang religius melalui kegiatan keagamaan pada 100% peserta didik yang
diselenggarakan baik dalam bentuk kegiatan harian atau dalam bentuk kegiatan
projek.
b. Meraih prestasi minimal
1 gebyar PAUD, minimal tingkat kabupaten per tahun.
c. Mendorong 100% peserta
didik ikut serta dalam kegiatan-kegiatan ibadah
d. Mengikutsertakan 100%
peserta didik pada minimal satu ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan
minatnya.
e. Melaksanakan pembiasaan
sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada 100% peserta
didik yang diselenggarakan.
f.
Memfasilitasi Proses belajar mengajar yang berpusat
pada peserta didik
g. Mendorong 100% peserta
didik ikut serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat
h. Memfasilitasi 100%
peserta didik menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project
based learning.
i.
Mendorong 100% peserta didik memiliki kepedulian
sosial dengan mengikuti berbagai kegiatan sosial.
Strategi Mencapai Tujuan :
Untuk dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan TK MA’ARIF MUTIARA BUNDA menyusun
beberapa rencana strategi pelaksanaan. Adapun strategi-strategi tersebut adalah
:
a. Menyusun tim penjamin
mutu dan tim pengembang kurikulum
b. Melakukan analisis konteks
terhadap kondisi dan lingkungan sekolah.
c. Menyusun rencana
KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat,
Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite sekolah.
d. Melakukan analisis
kebutuhan program sekolah (kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, pelatihan,
pengadaan sarana prasarana, kegiatan pendukung, dan lain- lain) untuk mendukung
pelaksanaan rencana KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN yang sudah disusun.
e. Menyusun RKAS (Rencana
Kegiatan dan Anggaran Sekolah) berdasar analisis kebutuhan program.
f.
Menyusun rencana serta instrumen Evaluasi,
Pendampingan dan Pengembangan dengan melihat berbagai sisi (guru, tenaga
kependidikan, peserta didik, orang tua dan komite sekolah).
g. Melaksanakan KURIKULUM
SATUAN PENDIDIKAN dengan evaluasi harian, 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
h. Melaksanakan program
perbaikan berdasar prioritas 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
i. Menyusun rencana KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN berdasar hasil evaluasi dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, Pengawas Pembina, Tokoh Masyarakat dan komite Sekolah.
Posting Komentar